LAPORAN MAGANG
USAHA TOKO PESTISIDA
KARYA TANI
Oleh :
Nursyam Relo Pambudi (35.2014.4.2.2014)
PROGRAM STUDI MANAJEME
FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
2016
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi
Maha Panyayang. Saya panjatkan puja dan
puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan
inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas laporan magang
di toko karya tani
Laporan ini
telah saya susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak
sehingga dapat memperlancar pembuatan laporan ini. Untuk itu saya menyampaikan
banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan
laporan ini.
Terlepas dari semua itu, saya menyadari sepenuhnya
bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata
bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka saya menerima segala saran dan
kritik dari pembaca agar saya dapat memperbaikilaporan magang ini.
Akhir kata saya berharap semoga laporan magang ini
dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Madiun, 25 Desember 2015
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR...................................................................................................... i
DAFTAR
ISI................................................................................................................. ii
BAB
1......................................................................................................................... 1
Pendahuluan.......................................................................................................... 1
1.1
Latar Belakang........................................................................................... 1
1.2
Tujuan Kegiatan Magang........................................................................... 1
1.3
Manfaat Magang....................................................................................... 1
1.4 Metode Pengumpulan Data...................................................................... 1
BAB
2......................................................................................................................... 2
Gambaran
Umum Unit Usaha.................................................................................. 2
2.1
Identitas perusahaan................................................................................ 2
2.2
Sejarah Berdiri Usaha................................................................................ 2
2.3
Lingkungan Usaha..................................................................................... 2
2.4
Kondisi Usaha Saat ini................................................................................ 2
BAB
3......................................................................................................................... 3
Aktivitas Manajemen Usaha................................................................................... 3
3.1
Manajemen Produksi Dan Oprasi............................................................... 3
3.2
Manajemen Pemasaran............................................................................ 3
3.3
Manajemen Keuangan.............................................................................. 3
3.4
Manajemen SDM...................................................................................... 4
BAB
4......................................................................................................................... 5
Analisis
Aspek Manajemen..................................................................................... 5
4.1
Manajemen Produksi................................................................................ 5
4.2
Manajemen Pemasaran............................................................................ 5
4.3
Manajemen Keuangan.............................................................................. 5
4.4
Manajemen SDM...................................................................................... 5
BAB
5......................................................................................................................... 6
Penutup................................................................................................................. 6
5.1
Kesimpulan............................................................................................... 6
5.2
Refleksi Pembelajaran............................................................................... 6
5.3
Galeri........................................................................................................ 7
5.4
Absen Kehadiran....................................................................................... 9
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Magang merupakan kegiatan yang dilaksanakan dan wajib diikuti oleh penulis secara langsung di dunia kerja
yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keahlian praktis yang sesuai
dengan situasi dan kondisi kerja nyata (riil) yang tidak diperoleh di
perguruan tinggi, terkait dalam rangka tugas untuk mengisi liburan. Maka penulis harus melakukan kegiatan magang minimal selama lima hari ke perusahaan atau ke tempat
wirausaha lainnya seperti dalam kesepakan sebelum magang.
Alasan penulis melakukan kegiatan Magang ditoko Karya Tani tempat di caruban
jalan Ahmad Yani 2B kabupaten Madiun adalah untuk menambah wawasan terkait
dngan dunia kerja dan ingin mengetahui secara langsung kegiatan proses manajemen pemasaran , keuangan, SDM di toko Karya Tani.
1.2
Tujuan
Kegian Magang
1. Mengenal
aktifitas manajemen usaha baik manajemen produksi dan operasi, manajemen
pemasaran, manajemen keuangan, manajemen SDM
2. Menumbuhkan
kemampuan analisis mahasiswa dengan membandingkan aktifitas manajemen usaha
yang dilihat dangan teori yang dipelajari
3. Menumbuhkan
jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa
4. Memberikan
pengalaman praktek untuk memahami lebih dalam tentang teori manajemen
1.3
Manfaat Magang
Adapun manfaat magang di Toko Karya Tani sebagai beikut:
1. Untuk
melatih diri agar memiliki jiwa mandiri dalam berusaha.
2. Agar
memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan dan keterampilan serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.
3. Sebagai
media pembelajaran diluar pelajaran yang diajarkan dikampus.
1.4
Metode Pengumpulan Data
Wawancara
dan observasi
BAB 2
GAMBARAN UMUM UNIT USAHA
2.1 Identitas
Perusahaan
Nama usaha toko
Karya Tani milik pak Anshori atau lebih akrabnya dipangil pak Aan. Jenis
usahanya yaitu berjualan pestisida atau segala hal yang berhubungan dengan
pertanian. Beliua pertama usaha di depan indomaret caruban sampe tahun 2011 setelah
itu pindah Lokasi dijalan Ahmad Yani 2B Kayo Caruban sampai
sekarang
2.2 Sejarah
Berdirinya Usaha
Pak anshori
memulai usahanya pada tahun 1998, beliau memilih usaha ini karena sebelumnya
beliau mau membuka apotik akan tetapi surat izinnya tidak keluar, akhirnya
beliau memilih untuk berjualan pestisida karena pada saat itu pesaing masih
sedikit. Modal awal beliau sekitar tujuh puluh jutaan untuk memulai usahanya.
2.3 Lingkungan
usaha
Lingkungan usaha
Karya Tani lumayan bagus karna terletak dipinggir jalan raya yang lumayan ramai
sehingga menyebabkan banyak pembeli yang berdatangan dari berbagai daerah
sekitar caruban,
Beliau memasok
barang dari luar daerah madiun, seperti halnya benih padi beliau memasoknya
dari banyuwangi dan untuk obat obatan beliau mengambil dari daerah seperti
Surabaya, jember ,malang dsb.
Pesaing bapak
anshori dalam usaha ini lumayan bnyak, walaupun begitu pak anshori tetap
survive untuk melakukan usaha ini
2.4 Kondisi Usaha
Saat Ini
Kondisi usaha
saat ini alhamdulilah kata beliau mengalami kemajuan, asset saat ini mencapai
sekitar ratusan juta. Kapasaitas barang yang dijualpun juga bertambah setiap
tahunnya. Beliau memiliki tiga karyawan untuk membantunya untuk berjualan.
BAB 3
AKTIVITAS MANAJEMEN USAHA
3.1
Manajemen Produksi dan Operasi
Di majanemen produksi toko karya tani,
beliau memasok barang dari luar daearah madiun seperti malang, Surabaya,
banyuwangi dsb. Proses pengambilan barang produk langsung diantar oleh produsen
setelah menerima pesanan dari pak Anshori
3.2
Manajemen Pemasaran
Dalam perencanaan Pemasaran beliau menyediakan kebutuhan seperti bibit,
obat obatan atau alat yang dibutuh oleh para petani dalam menggarap sawahnya.
Beliau tidak melakukan promosi apapun. Promosi dilakukan oleh para
pembeli memalui mulut kemulut
Pelayanan konsumen ketika para pembeli datang dengan melayaninya dengan
segera dan mencarikan apa yang dibutuhkan pembeli. Melayani dengan ramah dan
menjelaskan kegunaan obat atau bibit ketika para pembeli kurang paham dan
menjelaskan keunggulan barang tersebut.
Strategy penetapan harga yaitu standar
sesuai dengan harga pada umumnya seandainya harga naik juga dinaikan
kalau turun juga turun.
3.3 Manajemen Keuangan
Dalam memulai usahanya beliau
menggunakan modal pribadi dan tidak pernah menggunakan modal dari uang pinjaman
bank.
Omset penjualan perhari sekitar 30
juta samapai 50 juta dan setiap bulannya sekitar 1.5 milyar perbulan. Beliau
hanya memperoleh sekitar tiga persen
dalam sehari untuk laba kotornya. Misal jika omset hari ini 50 juta maka laba hari
ini jika diambil 3% maka 1,5 juta perhari dia peroleh. Untuk laba bersihnya
hanya sekitar 500.000
Sirkulasi keuangan usaha toko karya
tani yaitu untuk gaji karyawan dan pembelian produk kembali
Pencatat keuangan beliau menggunakan
pembukuan sendiri. Pembukuan untuk pengelompokan jenis barang keluar masuk dan
pembuan untuk keuangan yang keluar masuk setiap harinya dan dihitung diakhir
bulan ke dua pembukuan tersebut untuk mengetahui untung ruginya.
3.4 Manajemen Sumber Daya Manusia
Jumlah karyawan yang ada
ditoko karya tani berjumlah tiga orang yaitu
a. Mas
erpin
b. Mas eko
c. Mas
irul
Pak anshori merekrut para
karyawan dengan mencari koneksi dari teman
Temannya. Pak
anshori hanya mengandalkan kejujuran dari karyawan dalam menyeleksi karyawan
baru.
Penempatan karyawan:
Mas erpin
sebagai karyawan terlama beliau ditugaskan untuk mengurus kasir iika pak
anshori pergi dan biasanya beliau juga membantu untuk melayani pembeli juga
jika toko dalam keadaan ramai. Sedangkan Mas Eko dan Mas Irul ditempatkan
bagian gudang dan sebagai pelayan toko.
Penggajian
karyawan dilakukan perbulan. Dengan gaji Rp 1.000.000 setiap orangnya.
Untuk
mempertahankan karyawannya beliau mempermudah izin karyawan apabila karyawan
tersebut berhalangan hadir dan memberi THR karyawannya ketika lebaran dan
kesenjangan yang lainnya juga.
Pemutusan
hubungan kerja terjadi terjadi apabila karyawan ingin berhenti bekerja menjadi
karyawan Toko Karya Tani
BAB
4
ANALISIS
ASPEK MANAJEMEN USAHA
4.I Analisis Manajemen
Produksi
Menurut analisis saya tentang manajemen produksi ditoko karya
tani, untuk mengusahakan mendapatkan produk dari daerah terdekat agar produk
dapat djual dengan harga yang murah.
4.2. Analisis Manajemen
Pemasaran
Menurut yang saya pelajari didalam pemasaran semester tiga
ini, beliau memakai system strategi pemasaran syariah daripada konvensional
walaupun beliau belum mengetahuinya, karena beliau berjualan tidak hanya
sekedar berjualan saja, akan tetapi beliau menggunakan syariat agama sebagai
pedoman untuk berjualan, jadi tidak hanya sekedar mengambil untung tetapi juga
memperhatikan halal atau haramnya barang tersebut.
4.3. Analisis Manajemen
Keuangan
Menurut yang saya pelajari didalam manajemen keuangan yang
saya pelajari sangat berbeda jauh dikarenakan keuangan dipegang oleh owner dan
tidak diserahkan pada bagian keuangan dikarenakan tidak adanya manajemen yang
mengatur dalam hal keuangan.
Seharusnya beliau mengangkat seseorang yang dipercaya
untuk mengurus keuangan yang ada ditoko tersebut. Agar pengendalian keuangannya
lebih baik lagi.
4.4 analisis Manajemen SDM
Menurut yang saya pelajari didalam manajemen SDM yang
saya pelajari, beliau juga sedikit mempraktekkan apa yang ada didalam manajemen
SDM. Seperti halnya dalam perekrutan karyawan dia hanya mencari info dari
temennya dan langsung mengangkatnya tanpa ada prosedur dalam penganggkatan
karyawan, seperti halnya melakukan tes kesehatan, wawancara sebelum
pengangkatan karyawan
Seharusnya beliau menggunakan prosedur seperti apa yang
ada didalam manajemen sumber daya manusia pada umumnya agar mendapatkan
karyawan yang berkuaitas
Begitu juga dalam pengembangan karyawan. Mungkin dengan
mengadakan kegiatan kegiatan yang dapat memacu karyawan agar termotivasi dalam
bekerja dan menghasilkan pelayanan yang lebih lagi.
BAB
5
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Dalam menjalankan sebuah usaha itu diperlukan suatu tekad yang kuat, kerja keras dan subuah
ketelatenan yang dilandasi dengan mengharapkan ridho
Allah.
Dibutuhkan
loyalitas yang baik apabila kita bekerja ditempat orang atau disebuah
perusahaan.
Dalam usaha kita juga harus tahu keinginan pasar dan produk yang sangat dibutuhkan oleh konsumen didalam
bidang pertanian
5.2
Refleksi Pembelajaran
Dalam
magang selama lima hari saya mendapatkan beberapa pembelajaran yaitu :
1. Dapat mengenalkan saya tentang manajemen
usaha baik manajemen produksi dan operasi, manajemen pemasaran, manajemen
keuangan, manajemen SDM
2. Dapat Menumbuhkan jiwa kewirausahaan
bagi mahasiswa khususnya untuk saya
3.
Memberikan saya
pengalaman praktek untuk memahami lebih dalam tentang kewirausahaan
4.
Menumbuhkan
jiwa loyalitas dalam bekerja
0 komentar:
Posting Komentar